Its About Tech

Latest Posts

Kebanyakan pengguna komputer saat ini sadar akan ancaman virus dan worm yang menginfeksi mesin mereka. Tetapi menurut perusahaan riset keamanan BitDefender, ada banyak jenis malware yang berbeda sekarang, dan bahkan mungkin menginfeksi satu sama lain untuk menciptakan virus generasi baru.


Dijuluki "Frankenmalware," hibrida yang diciptakan ketika virus menginfeksi mesin yang telah disusupi oleh worm. Virus menempel pada file executable dalam sistem host - termasuk worm - dan kemudian menyebarkan virus secara ganas. BitDefender mengklaim telah menganalisis contoh dari 10 juta keping malware, dan menemukan 40.000 contoh yang berbeda dari generasi baru malware tersebut. Kode dari virus Virtob, misalnya, ditemukan di dalam worm OnlineGames dan Mydoom.



Walau kedengarannya cukup menakutkan, namun ancaman ini tetap harus dilihat secara riil. Product Manager Symantec, John Harrison, mengatakan kepada MSNBC bahwa perusahaannya telah melihat tidak ada contoh dari jenis malware mash-up ini, dan beranggapan bahwa contoh yang ditemukan sebenarnya hanyalah hasil dari peternakan malware secara liar, atau hanya pekerjaan programmer berbahaya yang ingin menggabungkan ciptaan sebelumnya menjadi sebuah kreasi baru. Untungnya, BitDefender mencatat bahwa unsur-unsur kode beberapa signature dalam hibrida tersebut dapat membuat anti-virus lebih mudah mendeteksinya, lalu menghapusnya dari sistem kita.

Leave a Reply